Selasa, 30 Juni 2020

Tugas Review Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia

1.             Menurut saya pancasila menjadi pilihan terbaik bangsa Indonesia karena pancasila berasal dari nilai nilai yang digali dari kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila juga memiliki seluruh komponen untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang memiliki agama, suku dan golongan yang berbeda beda. Selain itu Pancasila mengandung nilai nilai yang luas yang akan terus bertahan dan tidak berubah seiring perkembangan jaman.
2.             Latar belakang mengapa beberapa pihak menolak pancasila sebagai dasara negara adalah:
a.    Banyaknya golongan golongan yang ingin memecah belah bangsa
b.    Sistem hukum yang ada dalam Pancasila yang masih belum sempurna
c.    Terdapat golongan yang ingin menggantikan pancasila dengan aturan aturan salah satu agama
3.             Alasan mengapa banyak pihak yang ingin mempertahankan pancasila adalah:
a.      Pancasila memiliki nilai nilai yang mecerminkan bangsa Indonesia
b.  Dengan adanya pancasila setiap perbedaan yang terdapat di bangsa Indonesia dapat disatukan
c.       Kandungan pancasila terdapat juga di dalam UUD1945
4.             Masalah rasisme yang terjadi di Amerika Serikat menunjukan bahwa masih adanya orang orang yang tidak memiliki sikap saling menghargai satu sama lain dan menerima setiap perbedaan. Hal itu dapat terjadi karena masih banyak golongan orang orang berkulit putih disana yang menganggap dirinya lebih baik dari golongan orang orang berkulit hitam yang menyebabkan sering terjadinya konflik. Tidak hanya di Amerika Serikat di Indonesiapun masih banyak yang tidak menghargai perbedaan. Orang orang berkulit hitam atau orang orang dari daerah timur Indonesia sering kali mengalami rasisme ketika mendatangi suatu daerah atau tempat lain di Indonesia hanya karena mereka memiliki perbedaan yang mencolok. Seharusnya perbedaan bukanlah hal yang menjadikan kita memiliki alasan untuk berlaku rasisme terhadap sesama. Seluruh kaum minoritas disuatu daerah pasti akan mengalami rasisme oleh kaum mayoritas.
Solusi dari saya adalah kita harus menyadarkan diri kita sendiri untuk bisa saling menghargai satu sama lain, karena kita merupakan mahkluk sosial yang tentu hidup secara berdampingan. Kita tidak bisa tidak menyukai seseorang hanya karena sebuah perbedaan. Hukum hukum tentang rasisme juga harus dipertegas agar orang orang yang ingin melakukan rasisme bisa mengurungkan niatnya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar