Selasa, 30 Juni 2020

Tugas Review Pancasila Sebagai Dasar Negara

Berikan analisa dan pendapat Anda dalam Proses Perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang alasan mengapa dibuatnya kesepakatan dasar mengenai :
1.              Tidak mengubah Pembukaan UUD 1945
Mengapa pembukaan UUD 1945 tidak diubah karena pada bagian ini terdapat tujuan dari didirikannya bangsa Indonesia dan dasar dari Bangsa dan Negara Indonesia. Jika pembukaan UUD 1945 sampai diubah maka itu sama saja dengan merubah semua nilai nilai, tujuan, ideologi dari Bangsa Indonesia.
2.             Tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
NKRI memiliki berbagai macam suku, agama dan berbagai macam wilayah dari sabang sampai merauke. Dengan memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berbunyi berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Karena alasan keberagaman tersebutlah menjadikan Indonesia menjadi negara kesatuan karena paling cocok dengan bangsa Indonesia.
3.             Mempertegas sistem presidensiil
Karena dengan menggunakan sistem presidensiil kekuasaan tertinggi dimiliki oleh presiden. Selain itu sistem ini dapat memisahkan kekuasaan legislatif dan eksekutif, sehingga anggota parlemen tidak bisa memiliki kekuasaan ganda. Karena presiden dipilih langsung oleh rakyat sehingga presiden merupakan wakil rakya yang sepenuhnya mengatur negara.
4.             Penjelasan UUD 1945 yang memuat hal-hal normatif akan dimasukan ke dalam pasal-pasal
UUD 1956 merupakan dasar hukum tertinggi di Indonesia dengan memasukaan hal hal normatif kedalam pasal-pasal akan memperjelas dasar hukum tersebut. Segala tindakan normatif yang dilanggar akan dihukum sesuai pasal yang telah ditentukan.
5.             Perubahan dilakukan dengan cara “adendum”
        Perubahan adendum dilakukan karena agar tidak merubah naskah asli dari UUD1945 sehingga tetap terjaga. Hal ini dimaksudkan untuk tetap mempertahankan apa yang sudah ada dari awal berdirinya bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar